Sweater dan Sweatshirt Ternyata Berbeda!

Sweater dan Sweatshirt Ternyata Berbeda! – Halo para pembaca sekalian, selamat hari ini! Semoga kebahagiaan selalu menyelimuti kita semua. Alright, Kita masih membahas tentang item fashion yang keren, tidak lain dan tidak bukan adalah sweater. Namun, pada pembahasan kali ini fokus kita adalah seputar Perbedaan Sweater dengan Sweatshirt!

Pada zaman sekarang, sangat banyak produk sweater yang beredar di pasaran. Baik pada toko-toko pakaian sampai pada berbagai marketplace online banyak pedagang menjajakan dagangan sweater mereka. Bagi kita yang awam fashion, kita sering menganggap semua produk sweater sama saja, terbuat dari bahan wol dan di kerjakan dengan cara di rajut. Namun, tahukah kalian ternyata ada produk fashion yang menyerupai sweater, yaitu sweatshirt.

Sekilas Sejarah Sweater dan Sweatshirt

Sweater telah ada sejak berabad-abad yang lalu. Mulanya industri mode merancang busana ini sebagai outfit untuk menghangatkan tubuh di musim dingin. Kemudian pada 1926, label hautecouture menjadi label pertama yang merancang sweter dan sejak itu semakin banyak desainer yang ikut serta dalam tren sweater tersebut. Di sisi lain, baik Schiaparelli dan Chanel mengklaim bahwa mereka merupakan penemu pertama.

Sweatshirt juga memiliki sejarahnya sendiri, Konon terciptanya sweatshirt tanpa sengaja. Sekitar tahun 1920-an, Benjamin Russel Jr. yang merupakan seorang gelandang di tim sepak bola Alabama Crimson Tide, merasa gatal-gatal akibat suhu panas yang penyebabnya ada;ah seragam tim yang kala itu terbuat dari bahan wol. Lalu, Russel Jr. meminta bantuan ayahnya, yang merupakan pemilik perusahaan garmen pakaian rajut wanita dan anak-anak, untuk mendesain seragam olahraga yang nyaman untuk berlari di lapangan.

Dengan penggunaan bahan katun, yang terkenal tahan lama, mampu menyerap keringat serta nyama untuk tubuh. Russel dan ayahnya mulai memodifikasi union suit bagian atasnya (long one piece). Dari modifikasi ini, terciptalah sweatshirt pertama di dunia.

Penemuan ini juga yang menyebabkan sweatshirt terkenal di Amerika Serikat sebagai baju penyerap keringat, banyak yang menggunakannya dalam berbagai macam seragam olahraga kala itu. Di Eropa sendiri (Inggris), sweatshirt terkenal dengan nama jersey.

Celana Chino

Perbedaan Sweater Pria dan Sweatshirt

Lantas apa sih sebenarnya perbedaan Sweater dan Sweatshirt? Jadi gini..

1. Proses Pembuatan

sweater dan sweatshirt adalah baju atasan yang trendy, di mana sweater terbuat dari jahitan kain atau rajutan benang sehingga terkenal sebagai sweater rajut di Indonesia. Sedangkan sweatshirt dalam proses pembuatannya seperti halnya membuat seragam olahraga.

2. Tingkat Kehalusan dan Elastisitas

Perbedaan lainnya, walaupun kedua baju terbuat dari wol, katun atau poliester, sweater bahannya lebih halus dan elastis karena metode pembuatannya menggunakan teknik rajut. Berbeda dengan sweatshirt, baju ini tak terlalu elastis tetapi tetap lembut, terutama bagian dalam karena terdapat campuran kain fluffy.

3. Fleksibilitas dalam Penggunaan

Sweater lebih multiguna daripada sweatshirt karena pemakainya dapat memadu dan memadankan dengan pakaian lain, seperti kemeja untuk pria atau gaun pendek pada wanita. Singkatnya, sweater dapat dipakai saat situasi formal maupun non-formal.

Berbeda dengan sweatshirt, baju atasan ini sejak awal memiliki desain casual dan terlihat sporty, terlebih jika pemakainya mengenakan sweatpants sebagai celananya, tentu aktivitas olahraga menjadi lebih keren dan elegan.

4. Variasi Model

Banyak produk sweater dan sweatshirt di pasaran dengan berbagai model dan merek, mulai dari model tuck-in seperti kaos (closed front) maupun menggunakan kancing atau ritsleting depan (open front). Namun, jika berdasarkan dari segi model kerah bajunya, jenis sweater lebih banyak lagi, karena ada bentuk V, O, turtle, dan lainnya. Gomuda sendiri memiliki banyak ragam jenis sweater rajut yang stylish dan eksklusif untuk penggunaan sehari-hari mulai dari ngantor, traveling hingga hangout.

Celana Chino

Kesimpulan

Sweater

"</p

  • Pakaian yang metode pembuatannya dengan teknik rajut atau tenun dan berfungsi untuk menghangatkan badan.
  • Di Inggris, sweater memiliki nama umum sebagai cardigan atau jumper.
  • Tekstur pakaian halus dan elastik.
  • Desain pakaian ada yang polos seperti kaos dan ada juga yang dibuka dari depan. Kerahnya ada yang berbentuk turtleneck, v-neck, atau crewneck. Hemline-nya ada yang di bawah perut, di bawah bokong atau di tengah-tengah. Diameter lengan ada yang 3-4x normal, ada yang pendek dan ada juga yang panjang.
  • Memiliki tampilan keren, cocok dengan kemeja berdasi/tak berdasi dengan tambahan aksesoris ikat pinggang.

Sweatshirt

"</p

  • Pakaian tanpa kerah yang, berfungsi untuk menyerap keringat saat beraktivitas.
  • Di Inggris, sweatshirt terkenal dengan nama jersey.
  • Tekstur pakaian halus, terutama sisi dalam yang sangat lembut dan mudah menyerap keringat karena dicampur kain fluffy.
  • Desain baju ada yang dimasukkan seperti kaos dan ada juga yang dibuka dari depan dengan ritsleting. Ada yang menggunakan penutup kepala (hoodie), ada yang tidak.

Dari segi fungsi, bahan dan fleksibilitas, sweater dan sweatshirt dapat kita bedakan sebagai berikut:

  • Dari segi fungsi, sweater berfungsi untuk menghangatkan badan sedangkan sweatshirt berfungsi untuk menyerap keringat, sehingga biasanya digunakan untuk berolahraga.
  • Dari segi bahan, sweater umumnya terbuat dari bahan wol, namun ada juga sweater modern terbuat dari bahan katun atau poliester. Sedangkan sweatshirt pasti terbuat dari bahan katun atau poliester. Tetapi bagian dalamnya lebih terasa halus dan tidak membuat kulit iritasi saat berkeringat.
  • Dari segi fleksibilitas, sweater bisa berpadu cocok dengan kemeja dasi sedangkan sweatshirt tidak cocok, karena memiliki tampilan casual dan sporty. Sweater cocok untuk outfit ngantor atau ngampus, sedangkan sweatshirt cocok untuk outfit hangout atau berolahraga.

Last, itulah pembahasan tentang perbedaan sweater dan sweatshirt. Semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kamu dapat menentukan pilihanmu sesuai dengan selera dan kebutuhanmu. Semoga artikel ini bermanfaat. Akhir kata, Semoga dunia ini selalu damai tanpa adanya pertikaian.

Celana Chino

Baca Juga:

Referensi:

  • apparelscience.com
  • wikipedia.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *